Apple Umumkan Kehadiran Dua MacBook Terbaru dengan Otak Apple M1

Posted on

Apple Umumkan Kehadiran Dua MacBook Terbaru dengan Otak Apple M1 – Apple secara resmi telah mengumumkan prosesor terbaru untuk Mac, yakni Apple M1. Bersama dengan kehadiran Apple M1, Apple juga Apple juga memperkenalkan dua MacBook baru yang didukung oleh prosesor tersebut. Keduanya adalah MacBook Air (2020) dan yang lainnya adalah MacBook Pro 13 inci.

Apple Umumkan Kehadiran Dua MacBook Terbaru dengan Otak Apple M1

MacBook Air baru adalah yang pertama ditenagai oleh prosesor berbasis ARM. Laptop yang diklaim menawarkan peningkatan yang mengesankan dalam hal kinerja dan masa pakai baterai juga mempertahankan label harga mulai dari US$ 999 (Rp14 juta) (US$ ​​899 (Rp12,6) untuk pendidikan) dari generasi sebelumnya.

Dengan prosesor M1 erbaru, MacBook Air ini hadir dengan grafis hingga 5x lebih cepat, CPU 3,5x lebih cepat, machine learning hingga 9x lebih cepat, dan masa pakai baterai yang bertahan hingga 18 jam dengan sekali pengisian daya, terlama di MacBook Air.

Apple juga mengaakan bahwa mereka telah melepas kipas pendingin sehingga tidak lagi bersuara. Namun, hal ini tentunya masih harus dilihat secara langsung seberapa baik MacBook Air (2020) ini tanpa kipas pendingin. Apalagi jika laptop ini dipaksa bekerja seharian.

Untuk sektor layar, MacBook Air (2020) ini memiliki Retina Display 13,3 inci dengan color gamut P3 yang lebih lebar. Dikatakan, laptop ini dapat dikonfigurasi dengan RAM hingga 16 GB dan penyimpanan data berbasis SSD hingga 2 TB, yang diklaim oleh Apple 2x lebih cepat.

MacBook Air (2020) ini juga sudah dilengkapi dengan Touch ID, Bluetooth 5.0, WiFi 6, dan enklave yang aman. Terdapat dua port USB-C yang bisa digunakan untuk mengisi daya, dan juga mendukung DisplayPort, Thunderbolt 3, dan USB 3.1 Gen 2. Ada juga jack audio di sisi kanan laptop. Perangkat ini berjalan dengan macOS Big Sur.

Bagi konsumen yang tertarik meminang MacBook Air (2020)

Apple menghadirkan dalam tiga pilihan warna yang ditawarkan, yakni Gold, Silver, dan Space Grey. Laptop ini sudah dapat dipesan mulai dari sekarang, sebelum dirilis pada tanggal 17 November nanti.

Sama seperti MacBook Air (2020), Apple juga membekali MacBook Pro 13 inci terbarunya ini dengan prosesor Apple M1. Digadang-gadang punya dukungan prosesor terbaru, Apple juga sesumbar bahwa MacBook Pro 13 inci ini juga menawarkan peningkatan performa yang besar.

CPU dikatakan memiliki kecepatan hingga 2,8x lebih cepat, GPU hingga 5x lebih cepat, dan juga memiliki machine learning hingga 11x lebih cepat daripada generasi sebelumnya yang didukung oleh prosesor Intel. Masa pakai baterainya hingga 17 jam untuk berselancar di web dan memutar video hingga 20 jam.

Laptop baru ini juga memiliki Retina Display 13,3 inci dengan panel sentuh di atas Magic Keyboard. Muncul dalam konfigurasi RAM 8 GB dan 16 GB dengan kapasitas penyimpanan hingga 2 TB. Semua konfigurasi memiliki CPU inti yang sama dan GPU 8 inti.

Selain itu, MacBook Pro 13 inci Ini memiliki dua port Thunderbolt/USB 4, jack audio, kamera HD yang memanfaatkan prosesor M1 untuk mengurangi noise dan untuk menyesuaikan white balance serta eksposur, array tiga-mikrofon berkualitas studio, Touch ID, dan WiFi 6.

Apple menjual MacBook Pro 13 inci terbarunya ini mulai dari US$ 1299 (Rp18,2 juta) (US$ ​​1199 (Rp16,8 juta) untuk pendidikan). Ada dua pilihan warna yang disodorkan, yakni Space Grey dan Silver. Saat ini, MacBook Pro 13 inci sudah bisa dipesan dan mulai akan dijual secara terbuka pada tanggal 17 November 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *