DxOMark: Dipakai Memotret, iPhone 12 Kalah dari Flagship Android

Posted on

DxOMark: Dipakai Memotret, iPhone 12 Kalah dari Flagship Android – Awal bulan ini, DXOMARK telah menguji kinerja audio iPhone 12 yang baru diluncurkan oleh Apple. Smartphone ini 73 poin, yang kebetulan dua poin lebih besar dari iPhone 11 Pro Max yang meluncur tahun lalu (71 poin), tetapi lebih rendah satu poin dari iPhone Xs Max (74 poin).

DxOMark: Dipakai Memotret, iPhone 12 Kalah dari Flagship Android

Sekarang DxOMark baru saja mempublikasikan review kamera yang disematkan oleh Apple ke dalam iPhone 12. Hasilnya, handset tersebut menempati urutan ke-13 dengan mencetak skor 122 poin. Ya! iPhone 12 kalah jauh dibandingkan iPhone 12 Pro Max (130 poin) dan iPhone 12 Pro (128 poin).

Meski begitu, DxOMark menilai bahwa iPhone 12 masih sedikit lebih unggul dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max (120 poin). Dari empat model iPhone 5G terbaru yang diluncurkan Apple pada tahun 2020, iPhone 12 bisa dianggap sebagai iPhone yang banyak dicari oleh bagi sebagian besar pengguna.

Bukan tanpa alasan jika iPhone 12 begitu disukai oleh banyak pengguna gadget, terutama mereka yang memang cinta mati dengan iPhone Series. Perangkat ini punya pengaturan kamera ganda yang terdiri dari sensor 12 MP sebagai kamera utama dan juga sensor 12 MP sebagai lensa sekunder.

Apple telah melengkapi kamera utamanya dengan piksel berukuran 1,4 ┬Ám yang dikombinasikan aperture f/1.6 serta dukungan Optical Image Stabilization (OIS) dan PDAF. Sedangkan unit lensa sekundernya dilengkapi dengan aperture f/2.4 yang memiliki ukuran 1/3,6 inci.

Apple saat memperkenalkan iPhone 12 menyebutkan bahwa dukungan kamera yang ada pada handset tersebut mampu merekam video 4K pada 24/30/60 fps, video 1080p pada 30/60/120/240 fps, video Dolby Vision HDR (hingga 30 fps). Terakhir, perangkat ini juga mendukung gyro-EIS dan dilengkapi dengan flash LED ganda.

DxOMark lebih detail menjabarkan tentang kinerja kamera iPhone 12 yang mampu mencetak skor sebesar 132 poin ketika dipakai untuk memotre, 122 poin untuk video recording dan hanya 41 poin untuk kemampuan zoom karena tidak memiliki lensa telefoto.

Singkatnya, menurut DxOMark, kamera iPhone 12 bekerja dengan baik secara keseluruhan tetapi tertinggal dari flagships Samsung, Huawei, Xiaomi, OPPO, dan bahkan iPhone kelas atas milik Apple sendiri. Namun, kinerja videonya jauh lebih baik daripada kebanyakan smartphone lainnya.

DxOMark juga menyebutkan bahwa sistem kamera di perangkat ini memiliki fokus otomatis, pencahayaan, dan warna yang akurat dan konsisten (di dalam ruangan). Ini juga menghasilkan gambar detail yang lebih baik di luar maupun di dalam ruangan.

Lebih lanjut, video yang direkam menggunakan iPhone 12 memiliki dynamic range yang luas, warna dan skin tones yang menyenangkan, serta stabilisasi yang efektif bahkan saat berjalan. Kekurangannya, salah satunya punya rentang dinamis terbatas pada gambar diam serta noise yang terlihat pada gambar diam (terutama cahaya yang lebih rendah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *