Huawei Diam Diam Ngenalin Y9a Ditenagai Helio G80

Posted on

Huawei Diam Diam Ngenalin Y9a Ditenagai Helio G80 – Berbeda dengan Honor, sub-brand yang dimilikinya, Huawei sama sekali tidak melncurkan produk terbaru di IFA 2020 di Berlin, Jerman. Namun, Huawei memiliki beberapa produk yang siap menunggu untuk diluncurkan secara resmi di pasar global. Salah satunya adalah Huawei Y9a yang kini telah diumumkan secara diam-diam sebagai versi “tweak” dari Huawei Enjoy 20 Plus yang belum lama ini sudah meluncur di Cina.

Huawei Diam Diam Ngenalin Y9a Ditenagai Helio G80

Smartphone ini datang dengan panel IPS LCD yang memiliki ukuran 6,63 inci. Resolusi layarnya sudah FullHD+ alas 1.080 piksel dan dibagian depannya Huawei tidak lagi menyematkan punch-hole atau poni. Ya! Kamera depannya disimpan dalam sebuah modul pop-up dan oleh karena itu, aspek rasio screen-to-body yang dimiliki Huawei Y9a ini telah mencapai 92 persen.

Berbeda dengan Enjoy 20 Plus yang merupakan smartphone 5G dengan dukungan chipset MediaTek Dimensity 720, Huawei Y9a hanya dibekali chipset MediaTek G80, yang berpasangan dengan pilihan RAM LPDDR4x hingga 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB dengan teknologi UFS 2.1. Bagi pengguna yang kurang puas dengan kapasitas penyimpanan, Huawei masih menyematkan slot untuk memuat kartu SD NM. Huawei Y9a juga sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4.200mAh.

Namun di Timur Tengah Afrika dan beberapa negara di Asia Tengah Huawei menyelipkan fitur fast charging dengan daya 40W

Huawei Diam Diam Ngenalin Y9a Ditenagai Helio G80

Sementara, beberapa negara lainnya yang berada di wilayah lain akan punya dukungan fast charging 22,5W. Sayangnya, raksasa teknologi asal Cina tersebut tidak menginformasikan secara detail mengapa ada perbedaan mengenai fitur fast charging yang disematkan.

Pada bagian belakang, perangkat ini sudah dibekali dengan modul kamera yang memiliki desain melingkar seperti diambil dari Huawei Mate 30 Pro. Kamera utamanya adalah sensor 64 MP yang berpasangan dengan lensa ultra-wide 8 MP dengan FoV 120 derajat, sensor kedalaman 2 MP dan lensa makro 2 MP. Smartphone ini juga sudah berjalan dengan EMUI 10.1 berbasis Android 10 dan tentunya dengan dukungan HMS.

Tidak ketinggalan, Huawei juga sudah memperkaya smartphone ini dengan giroskop, kompas. Sensor gravitasi, sensor cahaya sekitar, dan sensor sidik jari yang dipasang di samping. Sedangkan untuk konektivitas dan port, Huawei Y9a yang memiliki ukuran 163,5 x 76,5 x 8,95 mm dan berat 197 gram. Ini sudah dibekali dengan dukungan 4 LTE, dual-band WiFi 5, Bluetooth 5.1, GPS, jack headphone 3.5 mm, dan USB Type-C. Untuk warnanya ada tiga, yakni Space Sliver, Sakura Pink dan Midnight Black.

Meskipun sudah diperkenalkan, Huawei masih menutup rapat harga dari smartphone barunya itu. Namun, jika melihat desain dan spesifkasi yang ditawarkan, smartphone ini akan menyasar konsumen anak muda di kelas menengah. Belum ada kabar, apakah Huawei Y9a juga akan diboyong ke pasar Indonesia atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *