Pixel 5 dan Pixel 4A 5G Resmi Meluncur Ditenagai Snapdragon 765G

Posted on

Pixel 5 dan Pixel 4A 5G Resmi Meluncur Ditenagai Snapdragon 765G – Akhirnya Pixel memasuki era 5G. Ya! Raksasa search engine Google telah meluncurkan dua model smartphone terbarunya, Pixel 5 dan Pixel 4A 5G. Selain menawarkan beberapa peningkatan dibandingkan generasi Pixel sebelumnya, kedua juga akan menjadi ponsel pintar pertama yang menjalankan Android 11.

Pixel 5 dan Pixel 4A 5G Resmi Meluncur Ditenagai Snapdragon 765G

Berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, Pixel 5 tidak akan mendapatkan “teman pendamping” seukuran XL, meskipun smarphone tersebut datang bersama Pixel 4A 5G yang memiliki ukuran layar sedikit lebih besar. Namun, Pixel 5 adalah perangkat yang lebih premium dibandingkan Pixel 4A 5G.

Perubahan terbesar adalah penggunaan chipset Snapdragon 765G, Kalian tidak akan lagi mendapatkan chipset top-of-the-line dengan model Pixel teratas, meskipun model sebelumnya sering kali datang dengan chipset under-clocked. Ya! Performa memang tidak pernah menjadi tujuan Google.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Google lebih memilih untuk menciptakan smartphone Pixel dengan memperkuat sektor kameranya. Oleh karena itu, Google memiliki “tips” khusus untuk membuat sektor kamera pada smartphone Pixel menjadi lebih optimal.

Hal ini pun kembali dilakukan oleh Google dalam meracik Pixel 5 yang membawa perubahan kedua, yang mungkin membuat banyak orang akhirnya benar-benar tertarik untuk memiliki smartphone tersebut. Kini, Pixel 5 telah dibekali kamera ultra-wide 16 MP dengan aperture f/2.2 dan ukuran pixel 1.0um.

Proses zoom akan dilakukan melalui kamera utama 12,2 MP dengan ukuran pixel 1,4 um plus algorima

AI yang dikembangkannya sendiri. Sensor ini tidak memiliki piksel yang sangat besar untuk pengambilan gambar malam hari atau resolusi tinggi untuk zoom digital lossless, Google mempertaruhkan semuanya pada fotografi komputasi.

Pengguna memang dijanjikan akan mendapatkan OIS dan lensa f/1.7 yang relatif cerah. Selain itu, meskipun smartphone ini tidak dibekali Snapdragon seri 8, ini adalah Pixel pertama yang mendukung perekaman 4K pada 60 fps (tidak ada 8K, tentu saja, sensor tidak memiliki resolusi).

Berbicara mengenai sektor tampilan, Pixel 5 datang dengan layar memiliki ukuran diagonal 6,0 inci. Sementara kita tahu, Pixel 4 memiliki ukuran layar 5,7 inci dan Pixel 4 XL memiliki ukuran layar 6,3 inci. Meski begitu, resolusinya sama, teapi Pixel 5 sudah dibekali layar dengan refresh rate 90Hz.

Chipset Snapdragon 765G menemas modem X52, yang memungkinkan konektivias 5G. Sub-6 didukung pada semua versi Pixel 5, sementara di beberapa negara akan bekerja pada jaringan mmWave. Sayangnya, pengguna hanya akan mencicipi WiFi 5 alias 802.11ac, bukan WiFi 6.

Mengenai catu daya, Pixel 5 telah dibekali baterai berkapasitas 4.080 mAh dengan pengisian daya 18W

Sebagai perbandingan, Pixel 4 XL memiliki baterai 3.700 mAh, yang terbukti rata-rata dalam hal daya tahan. Kapasitas ekstra bersama dengan chipset Snapdragon 765G diharapkan bisa membantu handset ini bertahan lebih lama.

Bodinya sudah memiliki sertifikasi IP68 untuk tahan debu dan air. Material yang menutupi bodinya terbuat dari aluminium daur ulang dan memiliki tekstur untuk pegangan yang lebih baik. idak hanya itu, tekstur tersebut juga diklaim tidak bakal meninggalkan sidik jari.

Entah bagaimana Google meramu Pixel 5 dengan bodi seperti itu, tetapi masih menyertakan fitur wireless charging dan reverse wireless charging di dalamnya. Ada pilihan warna baru yang ditawarkan, yakni Sorta Sage yang menemani Just Black. Smarphone ini juga datang dengan sensor sidik jari yang dipasang di belakang perangkat.

Berbeda dengan Pixel 5, bodi smartphone ini dibalut polikarbonat dan tidak tahan debu atau air. Sensor sidik jari yang dipasang di belakang perangkat bukanlah hal yang mengejutkan pada model ini. Yang ini jelas lebih bertenaga daripada Pixel 4A.

Setelah diperkenalkan, Google langsung membuka penawaran pre-order Pixel 5 sebelum tersedia di delapan negara pada 15 Oktober, dan Amerika Serikat pada 29 Oktober. Smartphone ini dibanderol dengan harga US$ 700 atau setara dengan Rp10,4 juta.

Sementara, Google melepas Pixel 4A 5G dengan harga US$ 500 atau setara dengan Rp7,5 juta. Perkirakan pemesanan di muka akan dimulai pada 5 Oktober, sebelum ketersediaan pada tanggal 19 Oktober 2020. Dibeberapa negara, termasuk Jepang, smartphone ini akan mulai dijual pada tanggal 15 Oktober 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *