Samsung Galaxy S20 FE Resmi Diperkenalkan Punya Layar OLED 6,5 Inci

Posted on

Samsung Galaxy S20 FE Resmi Diperkenalkan Punya Layar OLED 6,5 Inci – Setelah jadi pembicaraan banyak orang di banyak negara, termasuk di Indonesia, Samsung secara resmi memperkenalkan Samsung Galaxy S20 FE. Ya! Ini adalah smartphone remix dari spec sheet S20 yang tentunya sudah disesuaikan dengan harga yang lebih terjangkau.

Samsung Galaxy S20 FE Resmi Diperkenalkan Punya Layar OLED 6,5 Inci

Tentu saja, sejak beredar kabar yang menyebutkan bahwa Samsung akan menghadirkan Galaxy S20 FE, tak sedikit para penggemarnya yang bertanya-tanya menenai dapur pacu dari smartphone tersebut. Seperti biasa, saat acara peluncurannya Samsung enggan menyebutkan nama chipset yang bersemayam di dalam S20 FE.

Perbedaan lainnya dengan model Galaxy S20 versi sebenarnya yang meluncur di awal tahun ini ada di sektor layar, kamera dan baterai. Ya! Galaxy S20 FE datang dengan layar Dynamic AMOLED berukuran 6,5 inci. Ini menempatkannya berada di antara S20 (6,2 inci) dan S20+ (6,7 inci).

Resolusi layarnya adalah FullHD+, dan membawa sertifkasi HDR10+. Nah! Satu hal yang cukup menarik, layarnya memiliki refresh rate 120Hz, sama seperti S20 dan S20+ ketika turun ke resolusi 1.080p. Smartphone ini juga sudah memiliki sertifikasi IP68, sehingga punya kemampuan tahan air dan debu.

Ya! Meskipun begitu, terkuak juga chipset yang ada di dalam smartphone tersebut

Galaxy S20 FE 5G dibekali dengan chipset Snapdragon 865+. Sementara, untuk model non-5G alias 4G LTE, Samsung elah membekalinya dengan chipset buatannya, Exynos 990.

Satu hal yang perlu diperhatikan, ukuran diagonal smartphone ini 0,2 inci lebih kecil dan layarnya datar, sehingga Galaxy S20 FE memiliki bodi yang hampir sama dengan S20+, hanya dua milimeter lebih pendek dan satu lebih lebar, ditambah sedikit lebih tebal.

Dukungan tiga buah kamera di bagian belakang melihat kembalinya kamera utama 12 MP yang luar biasa dari S20 dengan sensor besar 1/1,76 ” dan piksel 1,8µm dengan Dual Pixel AF. Samsung juga melengkapi modul ini dengan Optical Image Stabilization (OIS).

Sementara, kamera telefoto baru memiliki sensor 8 MP (1,0µm piksel) dan OIS. Punya aperture f/2.4, lensa ini menawarkan 3x optical zoom dan hingga 30x space zoom. Modul ketiga dari kamera belakangnya adalah lensa ultra-wide 12 MP, yang memiliki bidang pandang 123 derajat.

Dibandingkan dengan S20 atau S20+, Galaxy S20 FE tidak punya dukungan sensor 64 MP

Yang artinya samrtphone ini tidak dapat merekam video 4K. Kamera depannya juga berbeda, menampilkan sensor 32 MP (0,8µm piksel) dengan binning 4-in-1 piksel.

Bergeser ke sektor catu daya, Galaxy S20 FE telah dilengkapi baterai berkapasitas 4.500 mAh, kapasitas yang sama seperti yang ada pada S20+. Samsung juga menyematkan pengisian cepat 25W (USB Power Delivery 3.0 with PPS). Sayangnya, dalam paket penjualan, Samsung hanya menyertakan kepala charger 15W.

Tidak perlu khawatir, Samsung juga melengkapi smartphone ini dengan wireless fast charging dan reverse charging. S20 FE juga sudah dilengkapi dengan pembaca sidik jari dalam layar yang dapat digunakan untuk mengamankan Samsung Pay.

Daya tarik lainnya dari S Series adalah dukungan speaker stereo yang di-tune oleh AKG dengan teknologi audio Dolby. Dukungan ini juga tersedia pada Galaxy S20 FE. Smartphone ini akan tersedia dalam versi SIM tunggal dan SIM ganda. Ada slot kartu microSD, tetapi itu akan menggantikan SIM2. eSIM mungkin diaktifkan di beberapa negara.

Samsung Galaxy S20 FE memiliki RAM sebesar 6 GB dengan penyimpanan internal 128 GB untuk varian standar. Ada juga opsi penyimpanan internal dengan kapasitas 256 GB. Saat diluncurkan, Galaxy S20 FE akan tersedia dalam pilihan warna Cloud Red, Cloud Orange, Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Navy, dan Cloud White.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *