Universitas ITS Selenggarakan Wisuda Virtual Pertamanya Memakai Minecraft

Posted on

Banyak acara yang perlu diurungkan atau dipending sebab epidemi Covid-19. Atau minimal harus berubah ke langkah online atau daring dalam realisasinya. Hal tersebut yang perlu ditempuh oleh beberapa mahasiswa yang wisuda tahun ini tetapi harus lakukan semua prosesinya dengan cara online dari rumah semasing.

Tetapi, untuk menyemarakkan wisuda online itu salah satunya universitas yakni ITS (Institut Tehnologi Sepuluh Nopember) Surabaya masih menyiarkan semua acara wisuda melalui kanal Youtube-nya seperti wisuda biasanya. Yang unik sekaligus juga lucu ialah acara virtual wisuda itu dilaksanakan memakai game Minecraft.

Kamu dapat menyaksikannya sendiri pada menit 22:25 video di atas dimana bentuk gedung wisuda Graha ITS dibikin berbentuk Minecraft, serta semua acara wisuda biasanya mulai masuk gedung, berjalan serta naiki panggung untuk ambil ijazah, dipindahkan tali toganya, sampai pada akhirnya berjalan keluar. Serta ada hubungan dengan rektor

Universitas ITS Selenggarakan Wisuda Virtual Pertamanya Memakai Minecraft

Simulasi wisuda Minecraft ini sendiri ditangani oleh team dari Departemen Tehnik Informatika ITS memakai Minecraft Education Edition yang sudah dilanggan oleh pihak universitas. Diperintah oleh dosen Hadziq Fabroyir, 14 orang dalam team itu membuat bangunan virtual dari gedung Graha ITS itu untuk menyemarakkan wisuda yang harusnya diadakan Maret tempo hari.

Sebetulnya, teamnya sempat kurang rujukan berkaitan bentuk gedung karena tidak ada yang ingat bagaimana memiliki bentuk dengan cara detil serta mustahil survey ke lokasi pada saat epidemi ini. “Pada akhirnya, kami menyusun konstruksi graha di Minecraft berdasar beberapa gambar yang kami mengumpulkan dari internet,” tutur Hadziq.

Dalam penerapan simulasi itu dilaksanakan dengan cara langsung saat Wisuda itu acara dikerjakan. Komunikasi antar pemain yang masuk diolah Wisuda Minecraft ITS dilaksanakan lewat Discord. Zoom cuma terima video feed dari OBS Virtual Kamera yang ditransmisikan dari server Minecraft ITS.

Walau demikian, simulasi melalui Minecraft itu cuma dilaksanakan untuk pembukaan saja. Sedang acara wisuda setelah itu dilaksanakan tanpa ada Minecraft namun dengan cara digital dimana nama tiap wisudawan tetap dipanggil satu-satu
dengan diperlihatkan photo si mahasiswa.

Ini tentu saja buka prespektif baru jika video game dapat dipakai untuk beberapa hal. Termasuk juga untuk satu fasilitas
simulasi sama-sama berjumpa keduanya dengan kontrol serta hubungan yang lebih intuitif daripada sebatas telepon atau video call. Kurang lebih akan diapakan lagi ya game nanti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *