WhatsApp Payment Dikunci di Brasil, Ada Apa?

Posted on

Selesai sah diluncurkan15 Juni lalu di Brasil, seminggu selanjutnya service pembayaran garapan WhatsApp yaitu WhatsApp Pay dikunci oleh pemerintah Brasil. Ini terlihat selesai Bank Sentra di Brasil minta Visa serta Mastercard untuk membatalkan semua transaksi lewat WhatsApp Pay. Ada apakah ya?

Rupanya, salah satunya fakta yang sebutkan Bank Sentra dibalik penutupan WhatsApp pay ini, karena faksinya ingin pastikan pertandingan yang sehat di skema pembayaran digital. Disamping itu, Bank Sentra menjelaskan jika faksinya belum menganalisa service WhatsApp Payment sebelum sah dikeluarkan di negaranya. Serta, kecuali fakta masalah pertandingan, Bank Sentra menyorot masalah keamanan data pribadi pemakai.

“Fakta ketetapan Bank Sentra untuk jaga lingkungan bersaing yang ideal, pastikan skema dapat bekerja, cepat, aman, terbuka, terbuka serta skema pembayaran yang ekonomis,” jelas perwakilan bank sentra Brasil.

WhatsApp Payment Dikunci di Brasil, Ada Apa?

Diketahui, Bank Sentra Brasil sedang mempersiapkan service pembayaran digital sendiri namanya
PIX yang akan dikeluarkan pada bulan November akan datang yang diketahui sudah menggandeng nyaris 1.000 pemain industri.

Berkaitan dengan ketetapan yang dilemparkan oleh Bank Sentra Brazil ini, Facebook sebagai pemilik
WhatsApp menyikapi masalah ini dengan ajukan banding ke Dewan Administratif Pertahanan Ekonomi Brasil. Perwakilan WhatsApp beranggapan jika arah project ini untuk memberi service pembayaran digital yang terbuka buat 120 juta pemakai WhatsApp di Brasil. Dalam jalankan misinya ini, WhatsApp menjelaskan jika mereka akan menggandeng partner lokal serta Bank Sentra.

“Untuk penambahan, kami memberikan dukungan project pembayaran digital PIX punya bank sentra
serta bersama-sama beberapa partner, kami memiliki komitmen untuk kerja sama juga dengan Bank Sentra untuk mengintegrasi skema kami saat PIX telah ada,” jelas perwakilan WhatsApp yang dikutip dari The Next Situs (25/06/2020).

Berkaitan dengan persoalan ini, pengadilan negeri akan buka masalah ini untuk tentukan apa WhatsApp serta
beberapa partnernya harus melapor ke kewenangan terlebih dulu sebelum menjalankan WhatsApp Payment. Sekarang ini, Brasil adalah negara pertama yang sangat mungkin WhatsApp Payment bekerja dengan cara nasional. Awalnya, WhatsApp Payment sempat juga diberitakan akan ada di Indonesia dengan menggandeng beberapa partner lokal. Tetapi program itu belum tercium berita baiknya sampai sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *